Rabu, 13 April 2016

Rumus Microsoft Excel Lengkap Pt. 2 (Lanjutan)

Penggunaan Rumus MS Excel Microsoft Office Excel memang dikenal dengan penggunaan rumus-rumus atau formula dalam lembar kerjanya. Penggunaan rumus yang efektif akan memudahkan kita dalam membuat laporan pekerjaan dengan menggunakan MS Excel. Formula atau rumus MS Excel adalah keunggulan tersendiri untuk aplikasi ini, dengan kemampuannya dalam mengolah data melalui perhitungan matematis yang sangat beragam fungsinya.
Operator Matematika dalam Excel
Sebelum kita bicara lebih juh tentang berbagai mcacam formula dalam Exel, terlebih dahulu kita mengetahui operator Matematis dalam MS Excel. Karena seperti yang kita ketahui, MS Excel memang sangat diunggulkan dalam menampung data-data yang bersifat numerik.
1. + (ikon plus), digunakan untuk Penjumlahan contoh A1+A2
2. – (ikon minus), digunakan untuk Pengurangan contoh A3-A4
3. * (ikon bintang),digunakan untuk Perkalian contoh A5*A6
4. / (ikon garis miring), digunakan untuk Pembagian contoh A7/A8
5. ^ (ikon caret) digunakan untuk Pangkat contoh A9^2
6. % (ikon persen) digunakan untuk Prosentase contoh C2%
Berikut contoh penggunaan rumus standar
Penggunaan Rumus MS Excel
Belajar Mc Office Exel
catatan :
Jikatakut salah jika mengetikkan atupun Anda malas untuk mengetikkan cell yang mewakili data perkalian, maka Anda bisa hanya dengan meng-klik cell tempat data tersebut berada.
Penggunaan Rumus MS Excel
Belajar Mc Office Exel
Dan setelah rumus dikolom pertama sudah selesai dan anda ingin meberuskannya kekolom selanjutnya maka anda cuku meletakkan kusor di pojok kanan bawah higga kursor berubh menjadi (+) lalu tarik kebawah.
Rumus MS Excel dan Pembagian Fungsinya
Formula / rumus di dalam MS Excel Secara garis besar, mungkin dapat dibagi menjadi tiga, yaitu Rumus Matematis, Logika, dan Statistik.
Rumus Matematik
Mungkin Anda mulai bingung, sejak kapan muncul rumus matematik di MS Excel. Sebenarnya ini cuma istilah saya sendiri, karena dengan rumus ini kita akan dihadapkan pada penjumlahan dan sebagainya. Ketika terkait dengan penjumlahan, perkalian, dan lain-lain, otak saya langsung tertuju pada pelajaran Matematika di mana saya sendiri tidak pernah mendapatkan nilai B. Cukup mengenaskan. Jadi saya harap pembaca harus setuju dengan istilah saya sendiri.
1. SUM
SUM adalah rumus yang digunakan dalam proses penjumlahan. Contoh : =SUM(B2:C2) dengan demikian kolom yang kita tempatkan rumus ini akan mengeluarkan nominal angka hasil penjumlahan dari cell B2 danE2.
2. SUBTOTAL
SUBTOTAL berfungsi untuk pengurangan, pembagian, perkalian, rata-rata (prosentase) dan lain-lain. Contoh : =SUBTOTAL(FUNGSI;REFRENSI_1;REFRENSI_2) maka akan terlihat seperti =SUBTOTAL(9;A5;A10). Dengan demikian, rumus ini akan menampilkan hasil total dari penjumlahan (karena kode 9 dikenal sebagai fungsi SUM dalam Formula SUBTOTAL) dari cell A5 dan A10.
Rumus Statistik
1. Average
Rumus ini berfungsi untuk menampilkan nilai rata-rata. Contoh : =AVERAGE(D2;D3;D4). Setelah itu akan muncul nilai rata-rata dari kolom D2 sampai D4.
2. Count
Count digunakan untuk menghitung banyaknya data argumen. Untuk rumus ini biasnya disinkronisasikan dengan Logical test. Contoh =COUNT(value1;value2)
3. Max
Dengan rumus ini kita dapat mengetahui jumlah nilai tertinggi/maksimal dalam suatu kumpulan cell. Contoh =MAX(B2;B10)
4. Min
Sedangkan rumus MIN adalah kebalikan dari rumusa MAX tadi.
Rumus Logika (logical)
1. IF
Untuk penggunaan IF bisa buka Cara menggunakan fungsi IF pada Mc Office Exel
2. OR
OR digunakan untuk menghasilkan nilai benar (true) jika salah satu argumen atau logical test benar. Contoh : =OR(logika1,logika2)
3. AND
Menghasilkan nilai benar (true) jika semua argumen benar. Contoh : =AND(logika1,logika2)
Ketiga fungsi logika ini dapat kita gabungkan untuk memberi hasil analisa yang sesuai dengan apa yang kita kehendaki.
Demikianlah publish kami tentang Penggunaan Rumus MS Excel
Berikut adalah daftar rumus-rumus Microsoft Excel. Klik pada masing-masing rumus untuk mempelajarinya, akan terbuka tab baru yang menjelaskan bagaimana cara menggunakan rumus excel tersebut. Pembahasan akan disertai dengan contoh kasus dan beberapa gambar untuk memudahkan proses belajar.
Sebagai permulaan sebelum mempelajari rumus-rumus excel, berikut adalah dua pembahasan yang harus dimengerti terlebih, yaitu :
  • Formula dan Fungsi, membahas apa perbedaan formula dan fungsi disertai dengan contoh bagaimana membuat formula sederhana, mengedit ataupun mengkopinya.
  • Cell Reference mempelajari tentang berbagai macam cara melakukan referensi cell. Ada 5 macam cara untuk melakukan referensi cell yaitu relative reference, absolute reference, mixed reference, 3D reference dan external reference. Referensi cell akan selalu dilibatkan setiap membuat sebuah formula

Rumus Matematika

Rumus Logika

Rumus Tanggal dan Jam

Rumus Text

Rumus Lookup dan Reference

Rumus Finansial

Rumus Statistik

Rumus Round

Formula Errors

Rumus-rumus berikut digunakan untuk mendeteksi adanya error.

1 komentar:

  1. Mantap gan animasinya, tapi maaf jadi pusing bacanya...

    BalasHapus